fbpx
14
Program Studi
Panduan
Pendaftaran
Jalur Seleksi
PMB
Cara
Pembayaran
Program
Non Reguler
Unduh
Berkas

FAKULTAS & PROGRAM STUDI

Fakultas Teknik Telekomunikasi Dan Elektro

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik berbasis telekomunikasi dan elektro serta membentuk insan yang berkarakter.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik  di bidang telekomunikasi dan elektro yang berkualitas.
  2. Mengembangkan, menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil riset ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik di bidang telekomunikasi dan elektro bagi kemaslahatan masyarakat.
  3. Mengembangkan tatakelola guna membentuk karakter yang unggul dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi yang relevan.

D3 Teknik Telekomunikasi

 Telecommunication Industry

Apa yg dipelajari di program studi ini sebetulnya hampir sama dengan yang dipelajari di program studi S1 Teknik Telekomunikasi. Namun program studi ini lebih berfokus menyelenggarakan pendidikan vokasi (siap kerja) dengan rata-rata masa studi 3 tahun, sehingga kuliahnya akan lebih menekankan ke praktikum. Buat kalian yang ingin cepat kerja program studi ini bisa menjadi solusinya.

Wireless engineer, Network Engineer, RF Engineer, Technopreneur, RNO Engineer.

S1 Teknik Telekomunikasi

Telecommunication Technology

Kalian pernah tahu tidak, kalau kalian telepon kenapa suara kalian bisa masuk ke lubang HP yg sangat kecil kemudian bisa didengar oleh lawan telepon kalian yg mungkin posisinya saling berjauhan? Atau kira-kira kalian penasaran tidak satelit yang diterbangkan di angkasa dan bertahun-tahun ada disana tetapi tidak jatuh-jatuh? Nah, di program studi ini kalian akan belajar salah satunya tentang hal-hal seperti itu, menarik bukan.

Wireless Engineer, Network Engineer, Profesi di bidang Satelit, Pengelola Spektrum Frekuensi, Regulator Telekomunikasi, Peneliti, Technopreneur.

S1 Teknik Elektro

Internet of Things

Mungkin yang tergambar di pikiran kalian kalau masuk ke program sstudi ini adalah belajar tentang rangkaian listrik, dioda, kuat arus, dll? Ternyata yang kalian pikirkan itu tidak benar sepenuhnya, karena apabila kalian masuk ke program studi teknik elektro di ITTP ini, kalian akan belajar tentang membuat alat-alat elektronik yang terhubung dengan internet. Di masa depan alat-alat elektronik seperti TV, AC, Mesin Cuci, Kulkas, dsb akan terhubung dengan internet (Internet of things).

Embedded system, electronics industry, intelligent system, IC Design & manufacturing, signal processing, control & automation, energy systems, oil & gas industry, system Engineer, Electrical Design Engineer, Project Engineer dan biomedical engineering.

S1 Teknik Biomedis

Healthcare Technology

Bagi yang memiliki ketertarikan untuk mempelajari sekaligus mengembangkan alat, sistem dan teknologi kesehatan maka program studi Teknik Biomedis merupakan program studi yang tepat dijadikan pilihan. Program studi Teknik Biomedis merupakan bidang multidispilin yang mempelajari bidang keilmuan teknik untuk menyelesaikan permasalahan di bidang biomedis (biologi dan medis/kedokteran). Lulusan Teknik Biomedis diharapkan mampu memiliki kemampuan dalam penggunaan prinsip-prinsip keteknikan, matematis, sains, dan desain untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan khususnya di bidang biomedis (clinical engineering)

Clinical Engineering, Akademisi atau peneliti biomedis, Technopreneur.

S1 Teknologi Pangan

Agroindustry berbasis teknologi informasi & komunikasi

Program studi yang cocok bagi kamu yang ingin belajar pada pengembangan keilmuan dibidang agroindustry khususnya pada bidang pangan dengan memanfaatkan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang inovatif yang mengikuti perkembangan era revolusi industri yang inovatif. Dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki sebagai lulusan teknologi pangan. Peranmu akan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang food industry.

Food scientist, terapis nutrisi, Quality Assurance Manager, Marketing Manager, Toxicologist, Technopreneur.

Fakultas Informatika

Visi

Tahun 2027, menjadi Fakultas berdaya saing Internasional, berbudaya dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan bidang Informatika dan Komputer untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan pada bidang Healthcare, Agro-Industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang mengacu pada standar Internasional di bidang Informatika dan Komputer.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Informatika dan Komputer dalam rangka mendukung pembangunan nasional terutama pada bidang Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small-Medium Enterprise (HATS) melalui kegiatan penelitian yang dapat direkognisi di tingkat Internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan segala sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Informatika dan Komputer terutama untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat.
  4. Menerapkan budaya organisasi yang Feasible, Integrated and Futuristic (FIF) dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

S1 Teknik Informatika

Teknologi Informasi dan Multimedia

Apa ya yang dipelajarin di program studi ini? Di jaman now yang serba digital kita tidak pernah terlepas dengan aplikasi dan internet. Saat kita mencari informasi kita sudah terbiasa menggunakan mesin pencari semisal google, selain itu saat ingin berkirim pesan kita juga sudah terbiasa menggunakan aplikasi berbasis chat messenger, bahkan saat kita mau membeli makanan pun juga sudah terbiasa menggunakan aplikasi di internet. Nah, buat kalian yang punya keinginan untuk membuat aplikasi-aplikasi multimedia seperti itu, program studi ini sangat cocok untuk menyalurkan kemampuan kalian itu.

network security engineer, digital forensic engineer, multimedia engineer, data science engineer, akademisi

S1 Software Engineering

Smart System

Program studi ini sedang kekinian lho, terutama buat kalian yang senang bermain game atau utak-atik perangkat lunak/software di komputer. Di program studi ini kalian akan banyak belajar cara membuat aplikasi-aplikasi di gadget (mobile application), seperti membuat Game, Operating system, dan lain-lain. Dan kerennnya lagi, program studi rekayasa perangkat lunak ITTP ini merupakan program studi satu-satunya di Indonesia yang telah terakreditasi B.

Application Programmer, Database Programmer, Full-Stack Developer, Software Analyst, Software Quality Assurance Tester, Software Engineer, Project Manager, Technopreneur

S1 Sistem Informasi

e-Tourism and IT Government

Untuk Program studi yang satu ini sangat direkomendasikan buat kalian yang punya potensi atau suka share informasi ke teman-teman kalian, nah namun share informasi-nya disini kalian kembangkan melalui suatu sistem komputer. Program studi ini juga fokus ke pengembangan sistem informasi di bidang pariwisata, kalian sudah pernah tahu kan aplikasi seperti traveloka atau pegipegi.

Auditor System, Manager Tata Kelola, Pengembang aplikasi Sistem Informasi (IS Developer), Project Manager IT, Data analyst, Database Administrator , business analysis, System Analysis, enterprise architecture, akademisi.

S1 Sains Data

Teknologi Big Data

Buat kalian yang ingin mendalami kompetensi yang mengintegrasikan keilmuan pada bidang informatika, statistika, ilmu pengetahuan alam serta ilmu pengetahuan sosial atau knowledge discovery. Adapun perancangan kekhasan kurikulum dan pembentukan mata kuliah Sains Data mengacu pada body of knowledge Sains Data yang terdiri dari Data Science Data Analytics, Data Science Engineering, dan Data Science Management.

Secara umum, ada 3 profesi utama dalam bidang data science, yakni data scientist, data engineer, dan data analyst

Fakultas Informatika

Visi

Menjadi fakultas berdaya saing internasional dalam bidang sistem industri dan desain berbasis teknologi informasi yang mendukung sektor Healthcare, Agro-Industry, Tourism, Small-Medium Enterprise (HATS).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang sistem industri dan desain yang berwawasan internasional
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sistem Industri dan desain yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan dan berkelanjutan
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, dunia usaha dan industri serta lembaga lain baik dalam maupun luar negeri untuk menunjang tri dharma pendidikan tinggi.

S1 Teknik Industri

Industrial Technology Innovation

Kalian senang dengan hal-hal yang berbau bisnis atau manajemen? Program studi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masa depan kalian. Di program studi  ini kalian akan belajar tentang mengatur produksi atau bisnis proses suatu Industri dan tentunya sangat berkaitan erat dengan era digital saat ini.

Perencanaan produksi, pengendalian & penjaminan mutu, riset & pengembangan produk, analis proses bisnis, konsultan teknik industri, supply chain management & logistic, marketing analyst, Project & cost Control, Entrepeneur / wirausahawan.

S1 Desain Komunikasi Visual

Creative Media

Buat kalian yang memiliki jiwa seni sangat direkomendasikan untuk masuk ke program studi yang satu ini, karena di program studi ini kalian akan banyak belajar tentang desain, fotografi dan membuat video/film. Semua karya-karya seni itu nantinya harus bisa dituangkan juga ke dalam bentuk media-media digital, seperti : smart phone, televisi dan lain-lain.

Graphic Designer, UI Designer, Illustrator, Animator, Fotografer, Film Maker, Branding Consultant, Creative Entrepreneur, Visual Merchandising, Content Creator, Visual Artist.

S1 Teknik Logistik

Agro-logistik berbasis ICT 

Teknik logistik adalah salah satu program studi baru di Indonesia dengan fokus manajemen dan perancangan aliran barang yang tepat sasaran, waktu, biaya. Teknik logistik di Institut Teknologi Telkom Purwokerto merupakan suatu program studi baru yang berfokus pada agro-logistik berbasis ICT (Information and Communication Technology). Program studi ini adalah program studi multi disiplin yang menggabungkan aspek, manajemen, ekonomi, keteknikan (engineering), dan teknologi. Lulusan Teknik Logistik diharapkan mampu memiliki kemampuan dasar keteknikan dan manajemen yang berperan dalam pemecahan masalah di bidang logistik. Peluang kerja sangatlah terbuka lebar mengingat kebutuhan sumber daya manusia bidang logistik di Indonesia masih minim. Selain itu, kemampuan bidang logistik juga dibutuhkan di semua jenis industri baik nasional maupun global. 

Logistics professional, Akademisi atau peneliti Teknik Logistik, Logistics-preneur.

S1 Bisnis Digital

Bisnis dan teknologi informasi

Mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidang Penguasaan start up digital, Market place, Big data, serta Artificial intelligence

Bekerja di industri start-up, industri keuangan dan perbankan, bisnid toko online, dan menjadi technopreneur atau wirausaha di bidang teknologi

S1 Desain Produk

Teknologi, dan kecerdasan kreatif

Deskripsi singkat:
Mempersiapkan lulusan yang mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia melalui pembelajaran teori, pemodelan, metodologi, teknologi, aplikasi/terapan serta alat bantu yang dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi produk dan industri kreatif berbasiskan Visceral, Behavioral, Environmental, Future, dan konceptual

Bekerja sebagai Manajer Produksi Industri, Seniman Kerajinan (Craft Artists), Desainer Furnitur. Manajer Produk, Desainer Produk Komersial dan Industri. Perancang Perhiasan, Food Stylist

Sekretariat PMB
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Kawasan Pendidikan Telkom
Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto,
Jawa Tengah, 53147
Telp. (0281) 641629

Copyright ©PMB IT Telkom Purwokerto. All rights reserved