Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

join ittp

S1 Sains Data

deskripsi

Pernahkan kamu berfikir?

Bagaimana Google menciptakan mobil tanpa pengemudi?

Bagaimana marketplace (Shopee, Tokopedia, dll) dapat merekomendasikan barang- barang yang  kita cari dan sukai saja?,

Bagaimana situs Traveloka, Tiket.Com  merekomendasikan hotel atau destinasi wisata yang tepat untuk  kita?,

Bagaimana seorang trader bisa memprediksi saham kapan untung atau rugi?,

Bagaimana virtual asisten menggantikan dokter melayani konsultasi/ pertanyaan pasien?

Atau, Bagaimana menemukan obat baru untuk suatu penyakit baru secara cepat?

 

Tahukah gak sih, semua pertanyaan diatas akibat fenomena Big Data saat ini. Munculnya berbagai aplikasi dan media sosial serta keterbukaaan informasi menyebabkan jumlah data yang terkumpul semakin banyak dan mudah diakses siapa saja. Melimpahnya data akan sangat bermanfaat bagi manusia jika diolah dengan tepat.

Disini, peranan data science sangat dibutuhkan. Data science merupakan gabungan beberapa disiplin pengetahuan, secara umum yaitu statistik, matematika, informatika/ ilmu komputer (coding skill, machine learning, basisdata)

Apa yang dilakukan di data science?

Data science adalah bagaimana mendapatkan pengetahuan dari data- data yang ada menggunakan berbagai metode analisis baik statistik, matematika, maupun machine learning.  Pengetahuan yang dihasilkan digunakan untuk prediksi atau rekomendasi.

BAGAIMANA PROSPEK KERJANYA?

Keahlian data science dibutuhkan di semua bidang baik perniagaan (e-commerce, usaha retail,dll),  kesehatan, keuangan (bank, dll),  industri, transportasi, pariwisata, pertanian, pendidikan,  bahkan pemerintahan, dll.

Saat ini perusahaan di Indonesia dan dunia sedang gencar mencari ahli data science atau Data Scientist. Profesi “Data Scientist” merupakan pekerjaan yang paling banyak dicari di abad 21 ini, dengan gaji fantastis. Biasanya lowongan kerja terkait data science tidak hanya menyebut orang yang ahli dibidang data science dengan sebutan data scientist. Namun, ada beberapa istilah lain yaitu Data analyst, Data Engineer, Business Intelegent & Data Analyst, Data Intelegent Analyst, Market Research Analyst.

APA YANG DIPELAJARI?

Kamu akan belajar menganalisis data dan membuat prediksi berdasarkan data yang besar. Secara umum ilmu yang dipelajari statistik, matematika, basisdata, machine learning, algoritma, visualisasi data yang menarik, dan pemahaman masalah untuk menemukan solusi yang tepat

APA KEUNGGULANNYA?

Magang Profesional
Kami menargetkan mahasiswa tingkat akhir untuk magang  profesional minimal sampai dengan tahun di perusahaan- perusahaan yang memiliki divisi terkait data science dan kompeten.

Startup
Selain magang kamu juga bisa membuat startup dengan bimbingan dosen dan profesional secara intensif. Startup ini merupakan salah satu pilihan bentuk tugas akhir sebagai syarat lulus.

Pembelajaran Melalui Riset
Data Science ITTP mengimplementasikan pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreatifitas mahasiswa. Cara kami melibatkan mahasiswa dalam penerapan teori-teori pada kasus- kasus riil. Mahasiswa akan lebih banyak mengeksplorasi potensi-nya melalui kolaborasi dengan riset- riset para dosen. Setiap mahasiswa akan masuk kelompok- kelompok riset sesuai potensinya dan dibimbing langsung oleh dosen secara intensif.

Blended Learning
Kami merancang pembelajaran “blended learning”, yaitu menggabungkan metode pembelajaran online, aktifitas face-to-face secara terstruktur, dan praktik di dunia riil (lapangan).

DOSENNYA?

Perkuliahan di Data Sceince ITTP diampu oleh dosen- dosen sesuai bidangnya, yaitu matematika, statistik, machine learning, coding hack, dan bidang ilmu penunjang lainnya. Para dosen merupakan para lulusan dari Universitas dalam negeri dan luar negeri.

Informasi lengkap pendaftaran:
Sekretariat PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto Jawa Tengah 53147 Telp. (0281) 641629. Fax. (0281) 641630 Email: pmb@ittekom-pwt.ac.id

Link Program Studi lain:​