Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

S1 Teknik Informatika

DIGITAL INNOVATION FOR SOCIETY

Program Studi S1 Teknik Informatika terdapat mata kuliah digital forensic, agroinformatika, dan game intelligent yang menjadi ciri khas dibandingan dengan kampus lain. 

Pengetahuan yang dimiliki lulusan adalah menguasai konsep teoritis dan ketrampilan secara umum untuk perancangan pada bidang teknologi informasi, multimedia dan sistem cerdas. Pada akhir semester 6, mahasiswa sudah dibekali dengan kemampuan beberapa bahasa pemrograman, jaringan komputer, keamanan jaringan dan basis data yang digunakan sebagai bekal untuk Kerja Praktik di dunia industri.

Lulusan mampu merancang dan mengembangkan sistem berbasis komputer yang aman baik hardware maupun software ataupun gabungan dari keduanya untuk memenuhi kebutuhan keamanan data. 

Lulusan juga mampu merancang dan mengelola data multimedia, baik teks, suara, gambar, maupun video yang akan diaplikasikan pada digital advertising. 

Selain itu, lulusan mampu melakukan analisis terhadap data dan dapat mengembangkan aplikasi untuk klasifikasi data, klastering, maupun prediksi. Termasuk, lulusan juga mampu    memfokuskan    diri    untuk    menjadi pengajar, dosen, atau peneliti di berbagai institusi PT dengan sebelumnya harus menempuh dan menyelesaikan studi lanjut ke jenjang di atasnya.

Salah satu dosen yang dimiliki adalah Ibu Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T.  yang saat ini sedang menempuh progam doctoral di UGM dan mendapat beasiswa LPDP. 

Beliau merupakan pendiri Banyumas Creative Center, Volunteer UXid Purwokerto, Volunteer CHIUX Indonesia 2016, dan aktif di penelitian yang telah banyak dipublikasikan dalam jurnal internasional. Tahun 2019 sebanyak 4 tim PKM lolos didanai DIKTI. 

Diajang lomba Fintech Hackaton 2019 di ITB Mahasiswa IF ITTP berhasil mengembangkan INSAF, program prediksi pergerakan harga komoditas virtual seperti saham atau bitcoin menggunakan Machine Learning. 

Analisis ini dilakukan secara otomatis dan real time, sehingga keputusan jual beli komoditas terjadi secara otomatis dan pemegang komoditas tinggal memantau jual beli otomatis yang dilakukan sang program.

“Saya Bayu Lukman Yusuf Alumni Informatika angkatan 2013. Setelah lulus dari ITTP saya mungkin tidak seperti teman teman saya, mereka memilih untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

Saya lebih memilih mendirikan Startup Beceer bersama partner saya Almira Faiz Faradilla yang juga alumni IF. Dengan keahlian programming saya berhasil membuat beberapa aplikasi, dan itu yang menjadi alasan saya untuk mendirikan startup.

Saat ini startup yang saya dirikan telah mendapatkan pendanaan dari investor. Terimakasih ITTP telah memberikan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga.

Lulusan Teknik Informatika dibekali dengan sertifikasi kompetensi BNSP. Banyaknya Lapangan Pekerjaan bagi Lulusan Teknik Informatika. Selain itu, Sarjana IT tidak hanya bisa menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri

Berapa Biaya Kuliahnya?

Informasi mengenai biaya dan ketentuan pendaftaran silahkan bisa unduh brosur di atas

Sekretariat Pendaftaran:

Institut Teknologi Telkom Purwokerto Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto Jawa Tengah

Telp. (0281) 641629 Fax. (0281) 641629

Link Program Studi lain:

Miliki Kebanggaan Kuliah di Perguruan Tinggi Milik Telkom