Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

“Reshaping the Future”

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa seperti ilustrasi, animasi, fotografi, videografi dll, untuk menyampaikan pesan atau tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.


Lulusan prodi DKV dipersiapkankan untuk menjadi professional di Industri Kreatif seperti
Desainer Grafis, Periklanan, Production House, Desainer Web, Animator, Ilustrator, Fotografer, Vlogger, Videografer, Youtuber, Creativepreneur dan Institusi Pendidikan.

Prodi DKV secara rutin menyelenggarakan pameran berskala nasional dan lokal sebagai wujud diseminasi karya kreatif Mahasiswa untuk masyarakat luas. Selain itu Prodi DKV juga rutin mengundang narasumber yang professional dan kompeten di bidang Desain Komunikasi Visual untuk mengisi kuliah umum untuk mahasiswa. Dosen-dosen Prodi DKV juga aktif melaksanakan penelitian yang diterbitkan hasilnya di jurnal ilmiah nasional ataupun internasional, selain juga aktif memamerkan karya seninya.

5/5
5/5

Salah satu fokus pengembangan prodi DKV ITTP adalah menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi pada sector Industri Kreatif di Indonesia. Potensi industri kreatif di Indonesia tampak pada catatan kontribusi industri kreatif terhadap produk domestik bruto (PDB)

Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Pada 2015 industri kreatif menyumbang sebesar Rp852 triliun, kemudian meningkat pada 2016 menjadi Rp923 triliun. Kontribusinya semakin membesar jadi Rp990 triliun pada 2017 dan pada tahun 2018 lalu ditaksir mencapai Rp1.000 triliun. Menurut Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia yang memprediksi sektor kreatif akan terus bertumbuh di masa depan dan diperkirakan menawarkan peluang karir yang beragam dan menarik untuk masa depan.

Sekretariat Pendaftaran:

Institut Teknologi Telkom Purwokerto Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto Jawa Tengah

Telp. (0281) 641629 Fax. (0281) 641629

Link Program Studi lain: