Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

D3 Teknik Telekomunikasi

Siap Kerja, Siap Meraih Cita-Cita di Industri Telekomunikasi

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi telah ada sejak tahun 2002 sehingga menjadi salah satu program studi unggulan di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) yang telah mencetak lulusan unggul dalam teknologi dan berdaya saing tinggi dalam perkembangan teknologi sekarang ini. Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi telah terakreditasi BAN PT dengan predikat B sesuai dengan SK bernomor 0799/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VI/2016.

Come & Join Us!

Kurikulum D3 Teknik Telekomunikasi menekankan pada kemampuan keterampilan praktikal pada penguasaan teknologi telekomunikasi sesuai kebutuhan industri telekomunikasi saat ini. Topik-topik maupun mata kuliah yang dipelajari pada program studi D3 Teknik Telekomunikasi mencakup kemampuan mengaplikasikan/ mengoperasikan teknologi komunikasi nirkabel, baik selular, terestrial maupun satelit.

Dalam bidang selular kompetensi alumni mulai dari instalasi perangkat base transceiver station (BTS) hingga pengambilan data sistem telekomunikasi selular dengan drive test dan optimasi jaringan selular baik itu pada teknologi 2G GSM/CDMA, 3G UMTS/CDMA200 maupun Teknologi Terbaru LTE 4G.

Dalam bidang satelit memiliki kompetensi instalasi perangkat very small aperture terminal (VSAT), baik yang konvensional maupun yang berbasis internet protocol (VSAT IP) hingga pengukuran parameter kualitas jaringan satelit. Selain itu mempelajari kemampuan mengaplikasikan/mengoperasikan teknologi komunikasi kabel optik dan jaringan . Dalam bidang teknologi kabel tembaga memiliki kompetensi berupa instalasi dan pengukuran parameter kabel tembaga.

Dalam bidang teknologi optik memiliki kompetensi mulai dari instalasi, penyambungan hingga pengukuran kabel optik. Dalam bidang teknologi jaringan komputer memiliki kompetensi mulai dari perencanaan, instalasi, troubleshooting hingga perawatan, baik untuk jaringan stand alone maupun yang berbasis client-server (internetworking).

  • Prospek bekerja di Industri Seluler. Menjadi praktisi/teknisi di industri seluler seperti telkomsel, telkom Indonesia, XL Axiata, Huawei, Nextwave dll dengan posisi antara lain sebagai Drive test engineer, RNP Engineer, RNO Engineer, PLO Engineer dll
  • Industri Satelit. Menjadi praktisi/teknisi di industri satelit di beberapa perusahaan penyedia layanan satelit seperti Metrasat, PSN,TELKOMSAT dll dengan posisi antara lain sebagai Maintenance Engineer, Network Engineer dll
  • Industri Jaringan Next Generation Network dan Fiber Optik. Menjadi praktisi/ teknisi di bidang Fiber optik dan jaringan komputer seperti Telkom Akses, Biznet dll

Sebagai salah satu program studi favorit, D3 Teknik Telekomunikasi juga memiliki dosen yang berpengalaman dengan segudang prestasinya, termasuk mahasiswa yang berprestasi. Adapun diantara prestasi mahasiswa yakni:

Sayyid Abdullah, juara 1 pada cabang olahraga Tenis Meja tingkat provinsi Jawa Tengah
dalam acara Agriculture Badminton Pingpong Championship.

Jajang Krisbiantoro, medali perunggu dalam kejuaraan Jujitsu tingkat nasional.

Dimas Arya Nugraha, medali perunggu di Pekan Olahraga Mahasiswa Rayon 3 Jawa
Tengah cabang olahraga pencak silat.

Noor Amelia,(Alumni Lulus 2017)
“Saya sangat beruntung dan bersyukur bisa masuk ke Prodi D3 Teknik Telekomunikasi ITT Purwokerto. Selain biaya yang lebih terjangkau dibanding prodi lain, kuliah nya juga lebih cepat cuman 3 tahun loh! Apalagi kurikulum yang diberikan sangat sesuai dan
membantu memudahkan saya dalam mencari pekerjaan”.

Tiara Apsari Dewi (Alumni Lulus 2018)
“Menurut saya kuliah jurusan D3 Teknik Telekomunikasi itu lebih menyenangkan, karena mahasiswa/i lebih banyak belajar secara praktik dan langsung turun ke lapangan, sehingga sebagian besar mahasiswa/i lulusan D3 lebih siap bekerja”.

Apa Keunggulannya?

Program studi D3 Teknik Telekomunikasi memiliki kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri telekomunikasi terkini, hal ini dapat dilihat pada mata kuliah – mata kuliah yang up to date mulai teknologi Internet of Thing, Teknologi Seluler terkini 4,5 G sampai dengan tren teknologi telekomunikasi yang akan datang. Selain itu program studi D3 Teknik Telekomunikasi menekankan pada skill praktikal dalam menguasai teknologi telekomunikasi terbaru.

Nilai Lebih dan Pembedanya apa?

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi mempunyai nilai lebih dan pembeda dari sisi skill praktek lapangan yang lebih banyak dibandingkan program studi lain. Hal ini dapat terlihat dalam hasil teknologi karya mahasiswa yang sudah banyak dipublikasikan di media massa antara lain.

SIMAUP ( Sistem Informasi Monitoring Angkutan Umum Purwokerto) karya Siska Anggraeni.
Smart Motor berbasis teknologi bluetooth karya Nikido Amar
Smart room berbasis Zigbee karya Nafisatun Chaeriyah, dll

Sebagian besar alumni D3 Teknik Telekomunikasi sudah bekerja di beberapa perusahaan ternama antara lain:

Noor Amelia (Lulus 2017) Bekerja di PT. Huawei Tech Investment
Via Lutfita(Lulus 2016) Bekerja di PT Moratelindo
Muhammad Akhyar (Lulus 2016 ) Bekerja di PT Indosat
Fitri Kemala Utami (Lulus 2016 ) Bekerja di PT Indosat

Informasi lengkap pendaftaran:
Sekretariat PMB Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto Jawa Tengah 53147 Telp. (0281) 641629. Fax. (0281) 641630 Email: pmb@ittekom-pwt.ac.id

(KLIK) Info program studi lain: