Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

HASIL SELEKSI
PENDAFTARAN JALUR KIP-KULIAH

Selamat untuk nama-nama berikut yang sudah dinyatakan lolos seleksi dan verifikasi dari 122 orang peserta yang mendaftar.

  1. KHUSNUL FAUZIAH (SMKN 1 BUKATEJA)
  2. LAURETA MAUREN MICHELLI (SMA NEGERI 1 KAJEN)
  3. NIKEN PRATIWI (SMAS MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA)
  4. ATIFAH HERAWATI (SMAN 1 PAGUYANGAN)
  5. MUHAMMAD AKMAL RIZKI RIVALDI (SMKN 1 ADIWERNA)
  6. GUSTI SALSATIN AMRISA (SMAN 1 SURAKARTA)
  7. WAHYU TRIONO (SMKN 1 PURWOKERTO)
  8. EKO PRASETYO (SMAN 1 KRAMAT)
  9. YUYUN DWI WIJAYANTI (SMAN 1 SOKARAJA)
  10. TRI SUDARYANTO (SMAN 2 MAGELANG)
  11. MOHAMMAD AINUL FITRONI (MAS IHYAUL ULUM)
  12. FIDIAN YULIANTI (SMAN 1 CAWAS)
  13. SRI MUNDIARTI (SMKN 1 BOJONGSARI)
  14. NADA AKHYA TUNNISA (SMKS MAARIF NU 1 AJIBARANG)

CATATAN:

  1. Pendaftar yang LOLOS seleksi jalur KIP kuliah ini WAJIB segera melakukan konfirmasi kesanggupan ke Tim PMB pada Senin, 24 Agustus 2020 melalui nomor kontak WA 0821-3298-6163
  2. Bagi pendaftar yang tidak konfirmasi pada hari tersebut, maka dinyatakan gugur dan akan digantikan dengan kandidat pendaftar yang lain yang memenuhi syarat.
  3. peserta yang sudah dinyatakan lolos seleksi DILARANG mengundurkan diri dan harus menandatangani surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan mengikuti kuliah di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).
  4. Bagi pendaftar yang tidak lolos seleksi, tetap semangat jangan putus asa karena masih banyak kesempatan dan peluang yang bisa direbut.

KIP-Kuliah

Sehubungan dengan kuota yang hampir terpenuhi dan karena pertimbangan lain, maka pendaftaran melalui KIP-Kuliah akan DITUTUP LEBIH CEPAT pada 14 Agustus 2020.

Permendikbud No 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar
PIP diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIP, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (papua dan papua barat serta 3T dan TKI) serta mahasiswa terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus.

KETENTUAN UMUM:

  1. Penerima KIP kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang lulus tahun 2018, 2019, atau 2020 dan memiliki potensi akademik yang baik namun terkendala keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  2. Lulus seleksi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) sesuai ketentuan yang ditetapkan.
  3. Keterbatasn ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan dari pemerintah dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.
  4. JIka calon mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) atau pendapatan gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggoata keluarga maksimal Rp. 750.000.
  5. Pendaftaran melalui Jalur KIP-Kuliah di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dibuka 24 Juli – 14 Agustus 2020

LANGKAH PENDAFTARAN:

  1. Siswa mendaftar melalui laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah.
  6. Melakukan proses pendaftaran ONLINE di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) di sini.
  7. Proses verifikasi oleh Tim PMB ITTP dan selanjutnya pengumuman kelulusan melalui email, sedangkan surat kelulusan dapat di lihat dan diunduh di web pendaftaran.

BERKAS YANG WAJIB DI UPLOAD:

  1. Kartu peserta KIP-Kuliah (Berupa foto atau scan)
  2. Formulir KIP-Kuliah (Diunduh dari laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id)
  3. Ijasah/Surat Keterangan Lulus (SKL) – (Berupa foto atau scan)
  4. Akta Kelahiran (Berupa foto atau scan)
  5. Kartu keluarga (Berupa foto atau scan)
  6. Foto rumah tempat tinggal (Berupa foto tampak depan, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dijadikan 1 file dalam bentuk pdf)
  7. Buku rekening bank atas nama calon mahasiswa (Berupa foto atau scan)

Program studi yang menerima jalur KIP-Kuliah hanya 4, yakni:
D3 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Software Engineering, dan S1 Teknik Informatika

MASA PENDAFTARAN:

  1. Pendaftaran: 24 Juli – 14 Agustus 2020
  2. proses seleksi: 15 – 19 Agustus 2020
  3. Pengumuman seleksi KIP-Kuliah: 20 Agustus 2020

FAQ Seputar Jalur KIP-Kuliah

KIP-Kuliah memberikan pembiayaan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya.
  2. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
  3. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

KIP-Kuliah ditujukan secara eksklusif hanya untuk yang tidak mampu secara ekonomi. Siswa yang secara akademik unggul tapi mampu secara ekonomi tidak diperkenankan mendaftar. Dalam hal anda mendaftar KIP Kuliah dan ternyata tidak layak menerima karena ternyata mampu secara ekonomi, ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

  1. Jika dianggap kelalaian ringan / tidak disengaja, tidak akan ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah namun dianggap sebagai mahasiswa reguler
  2. Jika dianggap melakukan pengisian data yang tidak benar secara sengaja dan atau pemberian bukti pendukung yang tidak sah (cara mendapatkannya) dapat dibatalkan statusnya dalam seleksi masuk PT 

Status kelayakan juga bisa berdasarkan laporan dari masyarakat, misalkan ada laporan penerima KIP Kuliah yang orang tuanya tiap tahun pergi umroh, dalam hal tersebut kami akan berkoordinasi dengan perguruan tinggi terkait untuk melakukan verifikasi ulang.

Penerima KIP-Kuliah tidak diperkenankan mendaftar KIP-Kuliah kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain. Hal yang sama untuk pindah Program Studi, penerima KIP-Kuliah tidak diperkenankan untuk pindah Program Studi.

  1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar calon penerima KIP Kuliah disertai data pendukung (pelaporan IPK dan atau softcopy data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
  2. PLPP Kemmdikbud melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap) 
  3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker PLPP Kemdikbud (Ijin Kementerian Keuangan)
  4. PLPP Kemdikbud memerintahkan Bank penyalur untuk melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  5. Bank penyalur melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)

Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan NISN tidak terdaftar:

  1. siswa tersebut memiliki NPSN yang berbeda dengan sekolah pengusul karena:
    • jenjang sekolah masih jenjang SMP
    • pindah sekolah tetapi NPSN belum di-update
  2. siswa tersebut bukan lulusan 2018, 2019 atau 2020

Solusi: melakukan update data ke PDSPK

Dalam hal siswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mengikuti program KIP-Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Puslapdik Kemendikbud menetapkan penerima KIP Kuliah berdasarkan usulan PT setelah siswa melakukan registrasi ulang.

Dalam proses pendaftaran KIP-Kuliah di ITTP, apabila ada kendala atau kesulitan calon mahasiswa baru (camaba) dapat mengubungi Customer Service di WA 081228319222 atau Telp. (0281) 641629

Pendaftar yang sudah dinyatakan LULUS SELEKSI di ITTP di jalur yang lain BISA mendaftar jalur KIP-Kuliah dengan syarat harus mendaftar kembali dan membuat akun kembali di sistem pendaftaran online; dan biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan apabila dikemudian hari dinyatakan lulus seleksi di jalur KIP-Kuliah.

Pendaftar di jalur KIP-Kuliah harus membuat akun pendaftaran terlebih dahulu di laman http://reg.ittelkom-pwt.ac.id kemudian silahkan konfirmasi ke nomor WA 081228319222 untuk mendapatkan token pendaftaran. Token akan dikirim melalui WA dan kemudian pendaftar input token di web pendaftaran dan memproses tahapan pendaftaran sampai cetak kartu peserta

Come & Join Us!

Sekretariat PMB
INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM PURWOKERTO (ITTP)
Kawasan Pendidikan Telkom Jl. DI. Panjaitan No. 128 Purwokerto, Jawa Tengah, 53147
Telp. (0281) 641629

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved