Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

BIKIN TARGET JELAS

Apa diantara penyebab seseorang gagal? Modal? Tidak juga. Dukungan orangtua? Belum tentu. Nih, salah satu penyebab orang gagal dalam hidup adalah karena tidak punya tujuan dan target yang jelas. Bagaimana bisa sukses kalau tujuan saja ndak punya.

Tujuan dan target apa saja yang sudah kalian buat, yang sudah kalian tulis? Beranikah kalian membuat target yang besar? Kalau mau hasil yang jelas maka buat tujuan yang jelas, jika ingin masa depan yang jelas maka bikin dream yang terukur. Bagaimana caranya? Rambu-rambu dalam menetapkan dream yakni dengan menggunakan prinsip SMART.

Apa itu SMART? Specific, tujuan atau dream harus jelas dan spesifik, tidak bersifat umum dan bisa dikatakan detail. Jelas maksudnya, jelas waktunya, jelas targetnya. Measurable, tujuan yang dibikin terukur sesuai dengan kapasitas diri dan kemampuan, terukur waktunya, tidak mengada-ada, tidak asal bikin namun sudah dipikirkan dengan seksama dengan segala pertimbangan. Acvievable, tujuan yang dibikin memungkinkan untuk diraih. Jangan sampai seperti pungguk merindukan bulan; artinya dream tersebut memiliki kadar kewajaran untuk diraih dengan segala kondisi yang melakat. Realistic, dream atau tujuan bersifat realistis, riil, nyata, tidak hiperbolis, memiliki potensi untuk diraih. Timeline, memiliki ukuran waktu yang jelas, kapan harus tercapai.

Jadi, jangan hanya ikut-ikutan teman. Teman ke kanan ikut ke kanan, teman ke utara ikut ke utara. Ingat, masa depan jangan dibuat main-main. Rencanakan dengan jelas dan matang. Mau kuliah, pilih program studi yang sesuai, pilih kampus yang cocok; jangan sekedar ngikut teman. Jadilah pribadi yang mandiri dan mampu berdiri sendiri dalam langkah dan tindakan. Dan, dream inilah yang akan menjadi pijakan kalian untuk menggapai masa depan. Kalau kalian berjalan, maka tentukan dulu mau jalan kemana, ke kota mana supaya jelas kemana arah langkahnya, supaya jelas kendaraan apa yang digunakan.

Tulis tujuan hidup kalian, tidak perlu banyak yang penting memenuhi unsur SMART tadi. Setelah ditulis, tempel di kamar kalian, sampaikan ke orangtua kalian supaya mendapatkan dukungan. Setelah itu, lakukan tindakan dan upaya untuk menuju pencapaian atas dream tersebut. Jangan hanya ditulis lalu didiamkan begitu saja. Sebuah tujuan perlu upaya pencapaian, masa depan harus direbut dengan kerja keras. Milikilah masa depan yang gemilah hasil dari jerih payah kalian. Buktikan ke semesta bahwa kalian mampu meraih cita-cita kalian, bukti bahwa kalian bisa mempersembahkan yang terbaik untuk diri sendiri, orangtua, keluarga, dan bangsa. Kalian siap?

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved