Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

USE TIME EFFECTIVELY

Kalian tidak akan dapat mengulang waktu sedetik pun. Apa yang telah kalian lalui akan berlalu begitu saja tanpa peduli kalian seperti apa, tanpa melihat kalian jadi apa. Waktu berjalan secara konstan dan konsisten.

Kegemaran menunda akan memberikan dampak buruk yang sangat mengerikan. Dan, bahkan bisa sedikit disimpulan bahwa sebenarnya warna masa depan kalian juga ditentukan oleh efektivitas penggunaan waktu kalian. Begitu tajamkah waktu itu? Ya, benar sekali. Waktu sangat tajam menyayat kehidupan kita, waktu begitu kejam melewati hari-hari kita. Kenapa tajam? Kenapa kejam? Karena waktu tidak pernah mempedulikan manusia. Kita menangis pun waktu terus berjalan, kita gembira pun waktu tetap berjalan.

Masa muda adalah masa yang sangat penting dan menentukan. Sebut saja masa muda itu sebagai ‘The Golden Age’ atau usia emas, dimana di usia itulah kalian harus mempersiapkan diri secara matang dan ‘fight’ untuk memperjuangkan masa depan supaya gemilang. Nantinya, tidak akan ada orang yang menolong nasib kita selain kita sendiri, tidak akan ada orang yang peduli kehidupan kita selain kita sendiri. Kalau diibaratkan, kalian seperti mau mengarungi samudra yang luas dan ganas, maka persiapkan kapal dan bekal yang cukup supaya tidak tenggelam di tengah lautan, supaya bisa sampai tujuan dengan selamat. Hidup pun demikian…. perjalanan yang panjang memerlukan bekal mental dan skill yang cukup supaya kalian tidak tersungkur di tengah jalan, supaya kalian sampai tujuan keberhasilan dengan penuh kebanggaan.

Jangan banyak membuang waktu untuk kegiatan yang sia-sia (wasting time). Bermain boleh tetapi jangan berlebihan. Aktif di media sosial boleh namun jangan berlebihan. Membagi porsi waktu 24 jam yang kita miliki dengan sangat baik dan bijak: untuk belajar, untuk keluarga, untuk santai, untuk ibadah, untuk istirahat. Tentu sangat disayangkan apabila waktu kalian habis untuk berlama-lama membuka media sosial sehingga waktu belajar dan waktu produktif habis untuk kegiatan yang tidak penting.

Tahu Bill Gates sang pemilik raksasa Microsoft? Bahkan Bill Gates saja rela belajar dari jam 02.00 – 06.00 hanya untuk menguasai pemrograman. Wajar ndak kalau sekarang menjadi orang terkaya di dunia? Kalau mau jadi orang besar, maka ikuti jejak orang-orang besar, kalau pengen sukses maka ikuti langkah-langkah orang sukses.

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved