Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

SUCCESS IS YOURS

Adakah diantara kalian yang dilahirkan sudah dalam keadaan berpakaian? Adakah diantara kalian yang dilahirkan sudah dalam keadaan bisa berjalan, makan, dan bicara? Adakah kalian yang dilahirkan dalam kondisi membawa uang? Tidak ada….

Semua kita dilahirkan dalam kondisi yang sama: sama2 tidak membawa apapun ke dunia, sama2 belum bisa berbicara, belum bisa berjalan, belum bisa makan sendiri. Meskipun dilahirkan oleh orangtua yang kaya raya, si anak tidak akan dilahirkan dengan membawa uang, membawa emas atau harta benda bentuk lain.

Maknanya apa? Itu menandakan bahwa start untuk memulai kehidupan kita semua adalah sama, dari titik nol, start untuk memulai pendidikan kita juga sama. Perjalanan hidup yang kalian lalui lah yang akan menentukan warna atas kehidupan kalian di masa depan. Buatlah tulisan yang bagus di kertas kehidupan kalian, buatlah gambar yang menarik di buku gambar kalian.

Jangan minder, jangan merasa rendah diri, jangan merasa lemah diri karena sejatinya setiap manusia punya peluang untuk berhasil. Alam semesta ini diciptakan untuk semua makhluk yang mendiaminya, dan semuanya punya peluang untuk merebut keberhasilan dengan bentuknya masing2. Jadi, kejarlah sukses kalian, rebutlah keberhasilan kalian. Melangkahlah terus, jangam mundur dan menyerah.

Jangan melihat sukses dari satu kacamata, maksudnya sukses bukan berarti harus jadi presiden, sukses tidak hanya jadi anggota dewan. Tuhan yang maha kuasa menciptakan manusia dengan ragam bentuknya yang khas. Demikian halnya dengan sukses atau keberhasilan yang bentuk dan ragamnya berbeda tiap individu. Bisa jadi sukses kalian ada di bidang guru, barangkali sukses kalian ada di posisi manajer, mungkin saja sukses kalian jadi seorang polisi, atau bisa juga sukses kalian menjadi seorang pedagang, jadi seorang petani, seorang musisi, atau posisi dan jabatan lain yang mungkin tidak kita rencanakan sebelumnya.

Namun pada prinsipnya, kita semua memiliki ruang untuk berhasil dengan cara kita. Rebutlah itu sejak sekarang. Rintis keberhasilan kalian sejak sekarang, sejak di SLTA, kemudian kuliah. Pastikan tidak salah jalur, pastikan tidak salah memilih. Untuk itu, petakan apa potensi kalian, petakan apa visi-misi kalian ke depan supaya mudah dalam menentukan pilihan program studi. Ke depan kalian ingin berkecimpung di bidang apa, ingin bekerja di bidang apa, atau ingin berwirausaha di bidang apa. Setelah jelas, maka selanjutnya tinggal menentukan pilihan mau kuliah di program studi apa yang sesuai. Jangan mudah ikut-ikutan teman, karena tiap kalian memiliki potensi yang berbeda dan bentuk sukses yang berbeda, termasuk jalan sukses yang berbeda.

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved