Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

JANGAN MAU DIHINA

Pernahkah kalian berpikir pengen punya rumah sendiri, punya mobil, punya istri dan anak2 yang menyenangkan, punya jabatan yang bagus, dll? Widiiih…. semua orang pasti pengen seperti itu.

Kompetisi dan budaya kehidupan yang kompetitif di zaman now makin kentara. Bisa kalian rasakan sendiri. Apapun yang kalian miliki, akan dibicarakan oleh tetangga kalian, oleh teman kalian, oleh saudara kalian. Kalau kalian bagus, maka dengan cepat info akan menyebar, demikian juga sebaliknya. Memang, tetangga tidak akan peduli kalau kita gagal, tetangga akan tutup mata kalau kita ‘jatuh’ dalam hidup. Sebaliknya, kalau kita berhasil, mereka akan selalu membicarakan kalian, kalian akan jadi ‘harum’ di mata mereka.

Ternyata sebegitunya hidup bertetangga itu? Ya, faktanya demikian. Sehinga, tentang apapun diri kalian, segala dampak positif dan negatifnya akan mengalir juga ke orangtua kalian, ke keluarga kalian. Wow…. malu kan kalo misalnya kalian tidak berhasil dan jadi omongan tetangga?

Sekali lagi, memang hidup kita tidak ada urusannya dengan tetangga, kita mau sukses lah, kita mau gagal lah itu kan urusan kita, masing-masing kita punya urusan. Namun, fakta hidup sosial seperti itu, terutama di desa. Dengan cepat informasi menyebar.

Jadi, satu-satunya pilihan… satu-satunya jawaban atas semua itu adalah kalian harus sukses, kalian harus dapat membuktikan bahwa diri kalian bisa. Percayalah, bahwa kalian semua punya peluang yang sama untuk sukses. Kalian punya energi dahsyat untuk berhasil. Apa energi itu? Restu dan doa dari ortu. Niatkanlah dengan tulus untuk berhasil dengan restu orangtua. Melangkahlah dengan penuh keyakinan karena doa ortu kalian menyertai.

Apakah semudah itu untuk berhasil? Tidak mudah tentu, tapi sesulit apapun kalau diupayakan dengan kesungguhan pasti akan sampai juga. Sebaliknya, semudah apapun kalau dibiarkan dan tidak ada upaya maka sukses akan lepas dan tidak akan menghampiri kalian. So, masa kalian di SLTA saat ini harus menjadi masa penggodokan dan persiapan untuk melaju ke tagap berikutnya yang lebih menantang, yakni dunia kampus.

Mau sukses? Upayakan sejak sekarang….

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved