Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

DIGANTI ROBOT, MAU?

Teknologi senantiasa menyajikan hal-hal baru setiap harinya. Betapa tidak, makin hari makin beragam temuan dan ciptaan manusia berbasis teknologi. Dari mulai teknologi di bidang pendidikan, hiburan, pertanian, sampai teknologi untuk kebutuhan perang.

Sehebat itukah manusia? Ya, fakta itulah yang saat ini ada. Kalau dahulu kita berbelanja harus jauh2 ke toko, jauh2 ke mall, saat ini cukup klik saja melalui aplikasi. Dahulu kita harus kesulitan kalau mau kirim gambar ke orang lain yang posisinya jauh, kini semua itu bisa kita lakukan dengan mudah dengan cukup sekali klik. Sesimpel itukah hidup kita ke depan? Mungkin saja.

Namun, dibalik itu semua, tantangan yang besar menghampiri adalah kehadiran teknologi robot yang akan menggantikan tenaga manusia. Kalau kalian tidak ‘becus’ maka akan digantikan robot. Kalau kalian lambat dalam bekerja, maka akan digantikan robot. Kalau kalian tidak mampu berhitung yang komplek, maka akan digantikan robot. Saat ini saja, sudah banyak perusahaan yang menerapkan teknologi robot untuk menggantikan posisi manusia. Itu artinya, dunia saat ini memili tuntutan yang lebih tinggi, menuntut generasi yang memiliki dan menguasai segalanya. Jika tidak, maka –sekali lagi- akan digantikan robot.

Sehingga, apa yang kalian pikirkan saat ini? Mau santai2 saja? Mau malas-malasan? Mau menikmati waktu dengan bermain game? Mau senang2 tiap hari bersama teman dan abai atas kewajiban belajar? Wow…. kalau itu yang kalian lakukan, hidup kalian akan ‘rusak’. Masa depan kalian akan jadi korban. Kehidupan sejahtera yang kalian dambakan hanya akan jadi dongeng belaka.

Buka hati kalian, buka mata batin kalian, buka wawasan kalian. Pentingkah kita mempelajari teknologi? Sangat penting. Karena teknologi itulah yang akan mengantarkan kalian memahami fenoma kehidupan saat ini. Kalau tidak mau tenggelam maka berenanglah; kalau tidak mau tersingkir dalam persaingan dunia maka belajarlah, milikilah skill yang mumpuni di bidang2 tertentu: teknologi, hukum, administrasi, tata negara, politik, dll. Jangan hanya jadi penonton, jangan hanya jadi pengagum…. jadilah penentu. Jangan mau digantikan robot, karena jika semakin banyak penggunaan robot itu artinya tenaga manusia tidak dibutuhkan lagi, dan itu artinya peluang kerja makin sedikit.

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved