Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

BAHAGIAIN ORTU​

Coba kalian hitung dan renungkan. Lebih sering mana kalian membuat sedih orangtua atau membuat senyum orangtua? Pernah ndak kalian mengkalkulasi berapa biaya yang telah dikeluarkan ortu kalian sejak kalian lahir sampai sekarang? Berapa juta? Berapa milyar?

Hebatnya, ortu kalian tidak pernah menghitung semua itu, dan mereka juga tidak pernah meminta kalian mengambalikan semua biaya yang telah mereka keluarkan untuk melahirkan kalian, untuk merawat kalian, untuk mensekolahkan kalian, untuk mengkuliahkan kalian, bahkan untuk menikahkan kalian kelak.

Itulah hebatnya orangtua, itulah ketulusan orangtua. Ketulusan dan kasih sayang mereka tidak pernah padam untuk anak-anaknya. Coba kalian jujur… apa jenis handphone yang kalian pakai? Lebih bagus mana dengan punya ortu kalian? Bisa jadi, handphone kalian lebih bagus, motor yang kalian pakai lebih bagus, makanan yang kalian beli di sekolah atau di luar rumah lebih enak, pulsa yang kalian gunakan lebih banyak. Bener ndak? Apakah mereka pernah komplain?

Di sinilah, perlu kalian renungkan dengan seksama. Ke depan, apa yang akan kalian persembahkan untuk ortu kalian, apa yang akan kalian perbuat untuk membuat mereka tersenyum bahagia. Apakah dengan memberikan uang yang banyak sebagai ganti atas apa yang telah mereka berikan? Bukan itu. Apakah dengan mengajak mereka jalan2 terus supaya mereka riang? Ah, itu tidak penting bagi mereka. Nih, yang mereka harapkan dari kalian adalah kalian bisa mandiri, kalian bisa berdikari dan meniti hidup dengan kaki sendiri, tidak menjadi beban ortu, mereka akan bangga melihat anak-anaknya sukses, melihat anak-anaknya sudah jadi pekerja atau pengusaha.

Berarti, kalian tidak boleh diam, kalian tidak boleh berpangku tangan, kalian tidak boleh menunggu perubahan datang, kalian tidak boleh hanya termenung meratap. Bergeraklah, buat perubahan hidup kalian. Buat rencana jangka panjang yang progresif, buat visi hidup yang berbobot. Jadilah siswa yang sungguh2, jadilah mahasiswa yang serius, maksudnya manfaatkan waktu selama belajar dengan baik untuk meraih ilmu secara maksimal, karena masa depan menunggu kalian. Orangtua menunggu kalian sukses, saudara dan tetangga ingin melihat kalian sukses.

Jangan puas hanya dengan lulus SLTA, yuk kuliah untuk masa depan, untuk bahagiain ortu. Mau?

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved