Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

HIDUP ITU KOMPETISI

Jangan mengharapkan kalian bisa dapat uang tanpa upaya. Uang tidak jatuh dari langit dengan tiba-tiba, jabatan tidak muncul dari permukaan bumi secara tiba-tiba. Segalanya membutuhkan proses dan perjuangan panjang melalui sebuah dinamika.

Ada teman kalian yang kaya, ada yang biasa saja, ada yang miskin. Ada yang bisa punya jabatan bagus, ada yang jadi petani, jadi pedagang, dan lain-lain. Kok beda-beda gitu ya? Padahal kan sekolahnya sama, gurunya sama, pelajarannya sama. Ya, itulah warna hidup. Dan, warna hidup itu salah satunya dipengaruhi oleh usaha seseorang.

Setiap orang berupaya mengejar keinginannya, setiap orang berusaha mewujudkan harapannya untuk menjadi yang terbaik, terdepan. Di situlah muncul kompetisi, dalam karir, dalam hidup, dalam banyak hal. Dan kompetisi hidup ini wajar karena setiap manusia akan berlomba meraih keinginannya. Jadi, jangan diam saja…. bukalah pintu, keluarlah dan masuklah dalam kompetisi itu. Jadilah pemenang, jadilah yang terdepan.

Kalau setiap keinginan kita bisa didapatkan dengan cukup kita berdoa, maka tidak akan ada kompetisi. Jika setiap harapan kita bisa diraih hanya dengan kita merenung, maka tidak akan ada kompetisi. Lalu, apa yang terjadi? Karena tidak ada kompetisi, maka hidup jadi monoton, membosankan, tidak menarik, tidak ada kemajuan, dan mungkin manusia akan cepat punah karena manusia tidak perlu beraktivitas, cukup dengan duduk saja sudah bisa mendapatkan segalanya.

Ragam profesi dan pekerjaan itulah dampak dari adanya kompetisi. Kalau semua orang jadi guru, lantas siapa yang jadi muridnya? Jika semua orang pengen jadi pejabat, lalu siapa yang akan jadi rakyatnya? Kalau semua orang jadi pengusaha, lalu siapa yang akan menanam bahan makanan? Itulah indahnya hidup, dibuat beragam, dibuat berbeda. Kita bisa mengatakan ini warna hitam karena ada pembanding warna putih. Itu bisa dikatakan baik karena ada pembanding benda yang tidak baik.

Jadi, jangan meratapi hidup karena posisi kalian berbeda dengan orang lain. Jangan menangisi hidup karena panghasilan kalian berbeda dengan tetangga kalian. Semua itu adalah hasil dari upaya kita, dampak dari ikhtiar kita. Mau hasil banyak ya lakukan sesuatu yang lebih baik. Logikanya, untuk mengangkat beban 10 Kg dibutuhkan tenaga yang lebih besar dibanding saat mengangkat beban 7 Kg. Jadi, bersiaplah untuk menghadapi kompetisi hidup ini. Welcome to the competition gaes…

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved