Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

JANGAN JADI BEBAN

Hiduplah mandiri dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana kalau misalnya orangtua meminta kalian untuk mengembalikan semua biaya yang telah mereka keluarkan untuk menghidupi kalian? Hehehe…. pasti berat kan…

Banyak generasi muda yang hidupnya foya-foya seakan tiada beban dan tanggungan. Tak sedikit pula anak muda yang ogah-ogahan dan malas bekerja. Mereka pikir mereka makan dari mana? Apa bisa pakaian dibeli dengan daun? Apa mungkin makan sehari-hari dibeli dengan batu?

Carilah rizki dimanapun berada, bekerjalah dimanapun bidang apapun yang penting kalian expert dan mampu di bidang itu. Hasilkan sesuatu, hasilkan duit. Kalian butuh makan, kalian butuh pakaian, kalian butuh pulsa, kalian butuh refreshing; dan semua itu bisa didapatkan dengan uang. Cukup sudah kalian merepotkan orangtua. Jika perlu, saat kalian kuliah, jangan semua biaya dibebankan ke orangtua. Carilah penghasilan sendiri untuk meringankan beban orangtua. Misalnya: jualan online, jadi penerjeman, jasa pengetikan, atau apapun yang penting tidak sampai melemahkan semangat kuliah. Ketika saat kuliah kalian sudah bisa membuktikan bahwa kalian bisa ‘setengah’ mandiri, maka selangkah lagi saat kalian lulus kalian akan dengan optimis bisa langsung lepas dari beban orangtua, artinya kalian bisa segera mandiri.

Jangan gengsian, jangan jadi pemalu karena kalian akan kesulitan untuk mandiri jika masih memikirkan gengsi dan malu. Toh, di zaman now ini banyak mahasiswa yang mulai belajar mandiri dengan berjualan atau sekedar ikut bisnis orang lain. Dan ini sudah menjadi tren. Lantas kenapa kalian malu?

Setelah lulus kuliah, pastikan jangan menganggur, carilah pekerjaan saat jelang wisuda, atau bukalah bisnis tertentu sebelum wisuda supaya saat wisuda kalian sudah ada ‘pegangan’ ekonomi untuk bisa merangkak hidup mandiri. Dan, tentunya kalian akan sangat bangga bisa kuliah dengan biaya sendiri (seandainya bisa) atau setelah itu bekerja dan atau meristis usaha dengan kerja keras sendiri, mendapatkan penghasilan dengan keringat sendiri, bukan karena bantuan atau kiriman orangtua.

Tidak peduli kalian cowo atau cewe, semua punya peluang untuk bisa hidup mandiri. Yang penting, tumbuhkan ‘fighting spirit’ kalian sejak sekarang, mumpung masih di bangku SLTA. Artinya, kalian masih punya cukup banyak waktu untuk bermetamorfosis menjadi sosok yang sangat hebat dan mengagumkan.

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved