Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

digicam - new

BE OPTIMIST​

Apa untungnya merasa tidak percaya diri? Optimis saja, melangkah saja dengan penuh keyakinan. Sulit? Berat? Banyak rintangan? Mungkin iya, namun itulah yang akan menjadikan kalian dewasa dan matang. Jangan berhenti hanya karena merasa sulit dan berat. Lantas, kalau berhenti apakah kalian akan sampai ke gerbang sukses?

Coba berpikir jernih… upaya yang telah kalian lakukan itu akan mengantarkan kalian menuju pelabuahan keberhasilan, jadi jangan berhenti di tengah jalan. Saat langkah ke enam terasa berat, jangan berhenti, lanjutkan mungkin langkah ke tujuh berhasil. Kalau langkah ke tujuh juga terasa sulit dan berat, jangan menyerah, terus lanjutkan melangkah karena mungkin langkah ke delapan kalian sampai ‘finish’. Begitulah seterusnya. Mengapa? Karena sejatinya kita semua tidak ada yang tahu pada langkah ke berapa kita akan berhasil. Kalian juga tidak akan pernah tahu pada langkah ke berapa akan tersandung, pada langkah ke berapa akan sukses.

Jika mental kalian tidak tangguh, kegagalan demi kegagalan justru akan membuat kalian ‘jatuh’ secara psikis dan menjadi tidak bersemangat lagi untuk bangkit. Kegagalan itu akan menjadi luka yang terus kalian rasakan sehingga kalian tidak ada niatan untuk segera ‘sembuh’ dan melangkah lagi dengan semangat. Sebaliknya, jadikan kegagalan sebagai pendorong upaya kalian, jadikan kegagalan sebagai penyemangat.

Tidak ada manusia yang tidak pernah gagal. Karena sesungguhnya, kegagalan itu adalah penghubung antara upaya dengan keberhasilan. Sehingga, lewatilah kegagalan itu, lampauilah kegagalan itu supaya kalian tidak terjerambab di kubangan kegagalan dan kalian stuck di situ selamanya. Pilihannya hanya dua, yakni: terus melangkah dengan optimis dan akhirnya kalian mencapai kemenangan, atau kalian berhenti dan kemenangan direbut orang lain lalu kalian hanya bisa terpana melihat orang lain gemira.

Keluarkan semua ‘jurus’ kalian untuk sukses. Karena, sejatinya setiap kita itu memiliki potensi yang luar biasa, setiap manusia memiliki semacam ‘giant’  kemampuan besar yang masih tersimpan yang belum dioptimalkan. Nah, jangan biarkan potensi hebat kalian itu tertidur, jangan biarkan potensi diri kalian binasa karena kalian tidak memanfaatkannya. Lawanlah rasa takut, lawanlah rasa ragu, lawanlah rasa rendah diri, lawanlah ego kalian. Dekatilah keberhasilan, dekatilah masa depan yang kalian inginkan.

Jangan mengeluh; tepuk dada kalian dan katakan dengan gagah: “Aku yakin bisa!”

Salam ITTP

Digital Campus for Digital Future

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved