Bridging Technology for Humanity

pmb@ittelkom-pwt.ac.id

DAFTAR JALUR PMDK-1

LEBIH AWAL LEBIH TENANG

 

Seiring makin ketatnya persaingan menuju kursi PTN melalui beberapa model tes seleksi yang cukup melelahkan: SNMPTN, SBMPTN (Melalui UTBK), Seleksi Mandiri, tentu membuat siswa SLTA harus memutar otak supaya dapat menuju PTN pilihan.

Kuliah di perguruan tinggi negeri memang menjadi impian banyak orang, apalagi jika bisa masuk ke PTN yang bergengsi dengan reputasi yang mentereng. Namun, tahukah kalian bahwa kuota di PTN juga terbatas jika dibandingkan dengan begitu banyaknya lulusan di tahun tersebut ditambah lagi dengan para gapyear yang juga pasti sebagian masih mengincar kursi PTN. So, artinya kalian akan bersaing dengan sesama freshgraduate SLTA dan bersaing juga dengan sebagian gapyear.

Mau tidak mau, ada sebagian siswa yang akhirnya asal pilih jurusan dan atau asal pilih PTN; dengan prinsip yang penting kuliah di perguruan tinggi negeri. Nah, ini yang sebenarnya kurang bagus. Mengapa? Karena pada akhirnya kalian menjadi pribadi yang apatis dan cenderung mengesampingkan banyaknya perguruan tinggi swasta (PTS) yang juga memiliki kualitas dan reputasi yang tak perlu diragukan. Banyak PTS yang layak jadi pilihan, banyak PTS yang layak jadi tumpuan masa depan.

Jika pertimbangannya masuk PTN adalah karena biaya ringan, kata siapa? Karena di PTS juga tidak sedikit yang menggunakan skema biaya ringan sehingga biaya kuliahnya overall relatif ringan dan sebagian lebih murah jika dibandingkan dengan PTN.

Jika pertimbangannya masuk PTN adalah karena akreditasi yang bagus, boleh juga. Namun ketahuilah bahwa banyak juga PTS yang memiliki akreditasi dan tingkat perankingan yang bagus dan layak untuk tempat belajar dan mengukir masa depan.

Jika pertimbangannya masuk PTN adalah karena fasilitasnya yang lengkap, apa iya? Toh sejauh ini banyak juga PTS yang memiliki fasilitas dan sarana belajar yang lengkap dan memadai sehingga tidak kalah dengan PTS. Justru PTS banyak yang berlomba memperbaiki diri dalam sarana prasarana karena PTS tersebut ingin diperhitungkan dan sejajar dengan PTS.

Jika pertimbangannya masuk PTN adalah karena alas an Bidikmisi, benar kah? Cek saja, di PTS juga memiliki kuota bidikmisi yang bisa kalian manfaatkan. Atau alasan beasiswa lain? Hhmmmmm…. Jangan salah, di PTS juga banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan, bahkan beberapa PTS bisa memberi beasiswa senilai miliaran.

Institute Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) sebagai salah satu PTS milik PT. Telkom yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom mengundang para generasi milenial untuk bergabung mengukir masa depan. Dengan biaya terjangkau dan dengan ragam mahasiswa dari 31 propinsi, ITTP membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 melalui Jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK-1) yang dibuka 1 Oktober – 6 Desember 2019.

Apa keuntungan dan manfaat jika mendaftar di Jalur PMDK-1 ini? Banyak sekali, diantaranya kalian berkesempatan mengajukan beasiswa karena tahun ini ITTP menyediakan total beasiswa senilai 4 Miliar; disamping itu di jalur ini tidak ada tes masuk karena seleksi hanya menggunakan nilai rapor semester 1 – 4.

Dan, bagi kalian yang merencanakan mendaftar ke PTN, tak perlu khawatir karena ketika kalian daftar di PTN dan juga daftar di ITTP di jalur PMDK sebagai alternatif dan ternyata kalian lolos seleksi di PTN maka biaya pendidikan yang telah kalian bayarkan akan dikembalikan 100%. Jadi, kalian akan lebih tenang dan tidak perlu khawatir mengenai pilihan kampus maupun biaya. Mau informasi lebih detail? Kepoin aja ITTP di http://pmb.ittelkom-pwt.ac.id. Kuy, daftar sekarang juga ya kak…

Sekretariat PMB
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Kawasan Pendidikan Telkom
Jl. Dr. Panjaitan No. 128 Purwokerto,
Jawa Tengah, 53147
Telp. (0281) 641629

Penerimaan Mahasiswa Baru © 2018 All Rights Reserved