Penasaran dengan Jurusan Telekomunikasi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto ?

Telekomunikasi pada prinsipnya adalah bagaimana anda bisa mengirimkan informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain melalui media kabel tembaga, optik dan radio. Walaupun telekomunikasi sudah merambah ke semua sektor kehidupan masyarakat namun suka tidak suka Masyarakat umum masih belum begitu paham mengenai jurusan ini, salah satu penyebabnya mungkin dikarenakan tidak terlalu banyak universitas maupun institusi pendidikan yang membuka jurusan telekomunikasi. Namun seiring dengan perkembangan jaman yang serba digital, Teknik Telekomunikasi berkembang menjadi jurusan yang semakin dilirik karena semua aspek kehidupan digital di masyarakat sangat bergantung pada kecepatan komunikasi yang tidak terbatas jarak dan waktu.
Pernahkah terlintas di benak anda bagaimana film yang anda unduh dari lokasi nun jauh di sana bisa sampai ke smartphone mungil anda ?


Atau bagaimana anda bisa bermain game multiplayer secara online tanpa putus-putus di dalam kamar anda  ?
Di sinilah ilmu telekomunikasi sangat dibutuhkan, bagaimana infrastruktur telekomunikasi didesain, dipilih, dikonfigurasi sesuai kebutuhan kemudian di-launching dan dijaga agar kualitasnya selalu sesuai standar dipelajari di dalam Telecommunication Engineering. Semua konsep, teori dan praktik harus bisa dikuasai oleh Mahasiswa Teknik Telekomunikasi untuk bisa mempunyai skill-skill tersebut.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)  adalah anak Perusahaan dari Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), dan YPT merupakan bagian dari Telkom Group yang merupakan BUMN berbasis Industri Telekomunikasi. ITTP mempunyai dua Program Studi di bidang Telekomunikasi yaitu program Studi D3 Teknik Telekomunikasi (D3TT) dan S1 Teknik Telekomunikasi (S1TT). D3TT berfokus menyelenggarakan pendidikan vokasi (siap kerja) dengan masa studi 3 tahun yang adaptif terhadap perkembangan teknologi telekomunikasi dengan kompetensi terukur dan memiliki kemampuan softskill yang baik.

Sedangkan Program Studi S1TT berfokus menyelenggarakan pendidikan yang mendukung fungsi kegiatan penelitian di bidang Telekomunikasi untuk mengembangkan ilmu telekomunikasi yang berbasis kepada kebutuhan industri .

Peminatan di D3TT maupun S1TT Mahasiswa akan mengarah ke Jaringan Komputer, Sistem Komunikasi Seluler, Satelit dan Optik dengan kedalaman materi yang berbeda.

D3TT lebih praktis , sedangkan S1TT sampai ke konsep dan pendalaman matematis untuk proses analisa. oleh karena itu banyak mata pelajaran matematika seperti kalkulus, variabel kompleks, matematika teknik dan sistem linear dipelajari di S1TT sedangkan di D3TT tidak.

Baik di D3TT maupun S1TT dipelajari Mata Kuliah khas Teknik Telekomunikasi seperti Sistem Komunikasi, Komunikasi Data, Pengolahan Sinyal, Elektromagnetika, Elektronika Komunikasi, Antena, Jaringan Telekomunikasi, dll yang merupakan landasan yang perlu diketahui untuk menekuni bidang telekomunikasi. Mata kuliah yang ditawarkan di Teknik Telekomunikasi sangat menarik untuk dipelajari, karena memanfaatkan metoda sains dan rekayasa untuk menyelesaikan masalah terkait pertelekomunikasian. Masalah yang biasa muncul erat kaitannya dengan fenomena yang terjadi dalam keseharian hidup. Seperti misalnya masalah Pengolahan dan Pengiriman Informasi, Pengolahan Sinyal Informasi, Penginderaan, dsb.

Sedangkan untuk mendukung pembuktian teori bagi S1TT dan tutorial bagi D3TT, ITTP memfasilitasi Jurusan Telekomunikasi dengan beberapa laboratorium yaitu :

  1. Laboratorium Switching untuk mendukung praktikum Switching dan Sistem Komunikasi Optik
    Mahasiswa Prodi D3TT sedang melaksanakan Praktikum Sistem Komunikasi Serat Optik
  2. Laboratorium Jaringan untuk mendukung praktikum Jaringan Komputer, Cyber Security dan Virtual Machine .
    Mahasiswa Prodi S1TT sedang melaksanakan Praktikum Simulasi Routing & Switching di laboratorium Jaringan Komputer
  3. Laboratorium Aplikasi untuk mendukung praktikum Perancangan Antena dan Komunikasi Seluler
Mahasiswa Prodi S1TT sedang Praktikum Komunikasi Seluler di laboratorium Aplikasi

4. Laboratorium Transmisi Nirkabel untuk mendukung praktikum Transmisi Nirkabel, Antena dan VSAT.

Mahasiswa Prodi D3TT sedang melaksanakan Praktikum VSAT di laboratorium Transmisi Nirkabel

5. Laboratorium Teknik Elektro & Digital untuk mendukung praktikum Teknik Digital, Elektronika, Sistem Komunikasi, Rangkaian Listrik & Mekatronik

Mahasiswa Prodi S1TT sedang melaksanakan Praktikum Sistem Komunikasi di laboratorium TETD

Di luar Perkuliahan terdapat 2 Research Group (RG) Telekomunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kultur penelitian mulai dari kalangan Mahasiswa, yaitu RG Wireless melalui Hexacomm dan RG Network melalui NEV (Network Evolution).

Mahasiswa & Dosen Anggota RG Hexacomm ITTP (Berbaju Putih) Berpose Dengan Dosen-Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta Setelah Memberikan Pelatihan Mengenai LTE

Mahasiswa Anggota RG NEV ITTP Membuka Workshop Network System Administrator

Karena Teknik Telekomunikasi merupakan turunan dari Teknik Elektro, jangan takut untuk memikirkan masalah dunia pekerjaan. Lulusan Teknik Telekomunikasi dapat diterima bekerja di berbagai bidang pekerjaan seperti oil & gas company, oil & gas services company, consultant company, bank, consumer goods, dan masih banyak lagi, tidak terbatas hanya pada perusahaan telekomunikasi dan vendor. Mengapa? Karena secara keseluruhan, Jurusan Teknik Telekomunikasi adalah interdisipliner yang merupakan campuran pengetahuan dari bidang teknik elektro, ilmu komputer, serta bidang ekonomi dan manajemen. Teknik telekomunikasi berkaitan erat dengan ketersampaian pengiriman informasi. Informasi merupakan sesuatu yang memiliki nilai tinggi (high valuable) pada dunia profesional.
Untuk mengeksplorasi lebih jauh Prodi D3TT silahkan klik pada link berikut ini : d3tt.ittelkom-pwt.ac.id
dan S1TT : s1tt.ittelkom-pwt.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *